Budidaya Pohon Nangka Salak atau Nangka Celeng atau Nangka Belulang

Para Pecinta Buah-buahan tentunya akan senang jikalau memiliki pekarangan yang luas dan ditumbuhi oleh pohon buah-buahan kesukaannya, jadi tidak perlu lagi mencari di supermarket atau toko-toko buah untuk memenuhi hasrat kegemarannya tersebut.

Buah Nangka merupakan salah satu buah-buahan yang cukup banyak penggemarnya. Hal tersebut dikarenakan buah nangka bisa diwujudkan ke dalam berbagai bentuk olahan makanan maupun minuman. Baunya yang khas dan menyengat bagi sebagian orang sangat digemari ataupun sebaliknya (tidak disukai).

Jenis Pohon Nangka mempunyai beberapa varietas, berikut varietasnya yang banyak kita temui di Indonesia :

Pohon nangka bilulang/nangka celeng
Pohon nangka cempedak
Pohon nangka dulang
Pohon nangka kandel
Pohon nangka kunir
Pohon nangka merah
Pohon nangka salak
Pohon nangka mini
Pohon nangka misin

Sedangkan Jenis nangka berdasarkan kondisi daging buah nangka dapat dibedakan menjadi 3 jenis nangka, yaitu:
  1. Buah nangka bubur: daging buah tipis, lunak agak berserat, beraroma keras mudah lepas dari buah. 
  2. Buah nangka salak: daging buah tebal, agak kering aromanya kurang keras. (nangka celeng dan nangka belulang). 
  3. Buah nangka cempedak: daging buah tipis, liat dan beraroma harum spesifik.
Pohon Nangka termasuk tumbuhan yang tidak terlalu sulit untuk budidaya dan pemeliharaannya hingga menghasilkan buah yang banyak. Pohon Nangka yang saat ini sedang digemari adalah jenis pohon Nangka Mini, sebab pohon tersebut bisa dibudidayakan pada pekarangan rumah dikarenakan bentuknya yang kecil dan bisa ditanam di dalam pot. pohon nangka mini biasanya dibudidayakan dengan cara di cangkok agar karakter buah yang dihasilkannya sesuai dengan tanaman induk. Jikalau tidak begitu mahir dalam cangkok mencangkok tumbuhan dan pemeliharaan dalam pot, maka buah yang dihasilkan tidak banyak atau kurang bagus kualitasnya.

Untuk budidaya Pohon Nangka yang paling mudah adalah jenis pohon Nangka Salak atau Nangka Celeng atau Nangka Belulang. Jenis Pohon Nagka ini dapat dengan mudah dibudidayakan dengan cara penyemaian dari biji buah nangka tersebut. Penyemaian dapat dilakukan di dalam pot, botol Aqua atau wadah lainnya. Perkembangan pohon angka ini dari biji hingga berbuah membutuhkan waktu 1 tahunan lebih. Jenis ini termasuk jenis yang paling cepat berbuah dibandingkan dengan jenis pohon Nangka lainnya yang dibudidayakan dari biji. Jenis pohon Nangka Salak /Nangka Celeng atau Nangka Belulang ini mempunyai ketinggian maksimal 6 meter dengan diameter batang inti maksimal 15cm-20cm jadi pohon ini tidak memerlukan tempat yang luas untuk perkembangannnya, sehingga pohon nangka ini bisa ditanam pada pekarangan rumah yang tidak terlalu besar luasannya.

Related Posts:

0 Response to " Budidaya Pohon Nangka Salak atau Nangka Celeng atau Nangka Belulang "

Post a Comment