Manfaat Kunir Putih Tanaman Obat

Tanaman Kunir Putih/ Kunyit Putih merupakan tanaman obat herbal yang cukup banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia.


Berdasarkan penelitian para ahli farmasi, ahli bioteknologi dan juga berdasarkan pengalaman para pengkonsumsinya Kunir / Kunyit putih tersebut manjur untuk menyembuhkan gangguan berbagai penyakit seperti :
  • Penyakit Kanker : Kanker payudara, Kanker Leher Rahim, Kanker Otak, Kanker Kulit, Kanker Prostat dan Kanker usus. 
  • Penyakit Tumor
  • Aneka Radang Dalam : Lambung, Maag, Radang Usus Besar, Radang saluran Pernafasan (amandel, tenggorokan, Radang Paru-paru, Sinusitis, Laryngitis ( radang pangkal tenggorokan) dan radang hulu tenggorokan ( paryngitis ).
  • Asam Urat-Rheumatik ( secara klinis Kunir putih mengandung ALP : Anti Lipid Peroksidasi, yang berfungsi menetralisir kelebihan zat-zat tertentu di dalam tubuh)
  • Mengobati Darah Tinggi
  • Diabetes
  • Jantung Koroner
  • Polip
  • Ambeian
  • Bronkhitis
  • Keputihan
  • Nyeri saat Haid
Pada dasarnya Tanaman kunir putih sangatlah mudah untuk dibudadayakan dan dijadikan tanaman kebun sebagai obat herbal kesehatan untuk mencegah penyakit-penyakit diatas. Pengolahannya menjadi obat herbal yang bisa dikonsumsi sehari-hari juga sangat mudah yaitu dengan cara sebagai berikut :
Rimpang Kunir putih dibersihkan dari kotoran tanah yang menempel

Rimpang Kunir Putih di iris tipis dengan pisau dapur

  1. Panenlah Kunir putih setelah berumur 12-24 bulan dengan menggunakan sekop garpu agar Rimpang tidak rusak, patah-patah
  2. Bersihkan Rimpang Kunir putih dengan merendamnya dalam ember sehingga sisa tanah yang menepel pada akar dan rimpang dapat bersih.
  3. potong akar rimpang tersebut sampai bersih
  4. Kemudian cucilah dengan menyikat rimpang sampai bersih, fungsinya agar hasil olahan akhir kunir putih bersih dari kotoran dan siap saji.
  5. Potong Rimpang Kunir Putih tersebut dengan cara mengirisnya tipis-tipis agar cepat kering.
  6. Jemur Irisan Kunir Putih tersebut sampai benar-benar kering.
  7. Setelah Kering sempurna, maka Kunir putih kering dapat digiling atau lebih cepat menggunakan Blender. Blender sampai benar-benar halus sempurna.
  8. Jikalau ingin menghasilkan Bubuk Kunir putih yang halus, anda bisa menyaringnya dengan kasa halus, Jika tidak masalah dengan sisa bubuk kasar anda bisa langsung menyajikannya.
  9. Kunir Putih telah siap dimanfaatkan sebagai obat pencegahan sehari-hari untuk rumah tangga. Simpanlah ditempat yang kering dan terhindar dari jamur/spora.



Kunir Putih setelah di iris tipis _ siap jemur

Kunir putih dibuat bubuk dengan Blender


Berikut cara mudah menyajian Kunir putih sebagai obat, yaitu :

  1. Dengan cara Seduh : Campurkan 1 sendok teh (diperes) bubuk Kunir Putih dengan setengah gelas (200ml) air hangat, aduk sampai rata lalu diminum.
  2. Dengan cara Kapsul : Masukkan 1 sendok teh (diperes) bubuk Kunir Putih kedalam kulit kapsul kosong(bisa dibeli di Apotik) kemudian minum dengan air hangat. Aturan Minum Kunir Putih : Pengobatan : 3 kali sehari (1 kapsul/1 sendok teh) sesudah makan. Pencegahan : 1 kali sehari (1 kapsul/1 sendok teh) sesudah makan. 
Peringatan : Tidak untuk ibu hamil, ibu menyusui bayi yang berusia kurang dari 5 bulan. dan Anak dibawah usia 2 tahun

Related Posts:

0 Response to " Manfaat Kunir Putih Tanaman Obat "

Post a Comment